Jumat, 17 Februari 2012

Resep Sehat Urap Daun Kenikir

Resep Urap Daun Kenikir . Daun kenikir lebih terkenal di daerah jawa sebagai bahan pecel, urap ataupun lalapan. Selain rasanya nikmat ternyata daun kenikir mempunyai manfaat khususnya untuk mencegah kanker. Pemakaian tanaman ini secara tradisional di berbagai negara adalah untuk memperbaiki sirkulasi atau peredaran darah, penambah nafsu makan dan penguat tulang. Bau tanaman yang spesifik menyebabkan penggunaannya juga sebagai pengusir serangga.

Kenapa Resep Urap Daun Kenikir ? Daun kenikir mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri. Juga ada protein, lemak, karbohidrat dan kalsium. Yang sangat menakjubkan adalah kenikir terbukti mempunyai khasiat dan daya antioksidan yang sangat tinggi. Sebuah hasil penelitian ilmiah menemukan bahwa tanaman ini mempunyai daya antioksidan ekivalen dengan daya antioksidan 2400 mg vitamin C per 100 gram bahan segar yang diteliti. Diketahui pula bahwa tingginya daya antioksidan itu ditimbulkan oleh khasiat lebih kurang 20 senyawa kandungan, yang mayoritas adalah dari golongan proantosianidin. Banyak peneliti meyakini, sesungguhnya data hasil penelitian ini cukup mendukung manfaat kenikir sebagai bahan pencegah gangguan kanker.

Hal itu erat berkaitan dengan kerja senyawa antioksidan dalam mencegah kerusakan sel tubuh manusia yang disebabkan oleh radikal bebas yang berkeliaran di sekitar kita, yaitu antara lain dalam bentuk polusi di lingkungan kita. Tapi agar manfaatnya optimal, perlu diketahui cara memasaknya yang benar. Ambil segenggam kenikir mentah, cuci bersih dan kukus sebentar untuk menghilangkan kuman, kotoran dan bahan kimia lainnya. Bubuhkan sambal pecel atau sambal urap buatan sendiri (tanpa pengawet) secukupnya, dan langsung dilahap. Hmm nikmat. Berikut Resep Urap Daun Kenikir :



BAHAN Resep Urap Daun Kenikir :

200 gr daun kenikir
200 gr taoge pendek
150 atau 1/3 butir kelapa muda, kupas, parut memanjang

BUMBU HALUS yang di pakai pada Resep Urap Daun Kenikir :

4 buah cabai merah
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt kencur cincang
3 lembar daun jeruk purut
garam, gula pasir secukupnya

CARA MEMASAK Resep Urap Daun Kenikir :

Kukus daun kenikir sebentar, tiriskan
Kukus taoge sebentar, tiriskan
Campur bumbu halus dengan kelapa parut, kukus ± 20 menit supaya lebih tahan lama
Campur sayuran dengan kelapa, aduk rata, hidangkan

0 komentar:

Posting Komentar