Sabtu, 18 Februari 2012

Ozon Lemahkan Kekebalan Tubuh dan Paru-Paru Lebih Dini


Hingga saat ini masih menjadi perdebatan, pada level berapa ozon di udara adalah aman bagi manusia untuk bernafas. Studi terbaru dari Pusat Medis Universitas Duke menyatakan bahwa ozon bisa menyerang sistem kekebalan tubuh.

Tim dari Universitas Duke ini menemukan paparan ozon pada tikus dalam level tertentu mendekati level yang tidak sehat bagi manusia, menimbulkan kerusakan pada paru-paru dalam merespons racun bakteri.

Namun secara lebih penting, itu juga memunculkan penambahan sel yang mati, dalam sistuasi kritis sel system imun menjadi menyerap penyerang asing, yang seharusnya menjaga agar udara tetap tersaring dengan bersih.

“Meskipun hanya kecil masuknya materi asing bisa langsung merusak, sejak mereka menstimulasi dan sepatutnya system imun inilah yang melindungi paru-paru,” kata John Hollingsworth MD, Pulmonologis dan kepala dari studi ini yang kemudian hasilnya dipublikasikan pada Jurnal Immunology edisi Oktober.

“Bagaimanapun itu memunculkan bahwa ozon bisa menyebabkan system imun menjadi over reaksi, yang kemudian membunuh sel inti system imun, dan kemungkinan membuat paru-paru menjadi lebih rentan mendapat serangan dari materi asing seperti bakteri,” paparnya seperti dikutip science daily.

0 komentar:

Posting Komentar